• User Jual Beli yang bermasalah akan dikenakan sanksi auto banned secara permanen atau temporer,disertai langkah banning IP address. Info Lengkap
  • Solusi Dana Tunai Gadai BPKB Mobil

SOFTWARE PERPUSTAKAAN OPEN SOURCE

#1
Harga*
Rp.500.000
Software Perpustakaan Open Source – Trend Perpustakaan Saat Ini telah banyak perpustakaan modern yang menerapkan Digital Library dan Library Automation System, dikemukakan bahwa penerapan teknologi informasi dalam bidang keperpustakaan bisa dalam bentuk digital library (terkait dengan koleksi perpustakaan), bisa juga sebagai library automation system (terkait dengan manajemen perpustakaan).

Kedua fungsi penerapan teknologi informasi ini dapat terpisah maupun terintegrasi dalam suatu sistem informasi tergantung dari kemampuan software yang digunakan, sumber daya manusia dan infrastruktur peralatan teknologi informasi yang mendukung keduanya.Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai sebuah perangkat lunak perpustakaan (Open Source Library Management System) atau Software Perpustakaan Open Source. Pada awalnya Software Perpustakaan Open Source dikembangkan sebagai sistem otomatisasi perpustakaan (library automation system) akan tetapi Software Perpustakaan Open Source saat ini juga telah mendukung fungsi perpustakaan digital (Digital Library).

Software Perpustakaan Open Source

Dengan fitur yang cukup lengkap dan masih terus aktif dikembangkan, Software Perpustakaan Open Source sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet) maupun Internet. Keunggulan Software Perpustakaan Open Source lainnya adalah multi-platform, yang artinya bisa berjalan secara native hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP dan RDBMS MySQL.

Software Perpustakaan Open Source sendiri dikembangkan di atas platformGNU/Linux dan berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti Unix BSD dan Windows. Software Perpustakaan Open Source merupakan aplikasi berbasis web dengan pertimbangan cross-platform. Sepenuhnya dikembangkan menggunakan Software Open Source yaitu: PHP Web Scripting Language, dan MySQL Database Server. Untuk meningkatkan interaktifitas agar bisa tampil seperti aplikasi desktop, juga digunakan teknologi AJAX (Asynchronous JavaScript And XML).

Software Perpustakaan Open Source juga menggunakan Software Open Source untuk menambah fitur seperti PhpThumb dan Simbio (development platform yang dikembangkan dari proyek Igloo). Untuk itu Software Perpustakaan Open Source dilisensikan dibawah GPLv3 yang menjamin kebebasan dalam mendapatkan, memodifikasi dan mendistribusikan kembali (rights to use, study, copy,modify, and redistribute computer programs).

Baca Juga : Layanan Bimbingan Konseling Peserta Didik yang Bagus

Fitur –fitur yang terdapat pada Software Perpustakaan Open Source

  1. Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-generate on-the-fly. Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku. Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search)
  2. Detail record juga tersedia format XML (ExtensibleMarkup Language) untuk kebutuhan web service.
  3. Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data.
  4. Manajemen master file untuk data referensial seperti GMD (General Material Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain.
  5. Sirkulasi dengan fitur:
- Transaksi peminjaman dan pengembalian
- Reservasi koleksi
- Aturan peminjaman yang fleksibel
- Informasi keterlambatan dan denda
  1. Manajemen keanggotaan
  2. Inventarisasi koleksi (stocktaking)
  3. Laporan dan Statistik
  4. Pengelolaan terbitan berkala
  5. Dukungan pengelolaan dokumen multimedia (.flv,.mp3) dan dokumen digital. Khusus untuk pdf dalam bentuk streaming.
  6. Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk bahasa yang tidak menggunakan penulisan selain latin.
  7. Menyediakan berbagai bahasa pengantar (Indonesia, Inggris, Spanyol, Arab, Jerman).
  8. Dukungan Modul Union Catalog Service
  9. Counter Pengunjung perpustakaan
  10. Member Area untuk melihat koleksi sedang dipinjam oleh anggota
  11. Modul sistem dengan fitur:
  1. Konfigurasi sistem global
  2. Manajemen modul
  3. Manajemen User (Staf Perpustakaan) dan grup
  4. Pengaturan hari libur
  5. Pembuatan barcode otomatis
  6. Utilitas untuk backup
Jika Anda berminat dengan Aplikasi Perpustakaan ini, untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan bisa hubungi Kontak Kami Segera. IT BRAIN INDONESIA